Rabu, 12 Februari 2020

Apa Itu Curcumanoid dan Apa Manfaatnya?


Kita selalu dengar tentang curcuma, namun apakah kita pernah dengar sesuatu tentang Curcumanoid? Tidak banyak orang mengetahui tentang zat ini. Sebenarnya apa kandungan dari zat tersebut? Apa manfaatnya untuk tubuh? Ataukah hanya sebuah zat yang di dianggap mampu menjadi pengganti suplemen lain? Atau memang punya manfaat khusus? Mari kita cari tahu.

Apa Itu Curcumanoid dan Apa Manfaatnya?
Manfaat Nyata
Tentu saja temulawak punya manfaat yang sangat nyata, apalagi salah satu zat ekstraksinya yang diambil dari sari-sari temulawak. Kalau mau Kita gali sedikit temulawak sendiri sudah punya banyak manfaat seperti menambah nafsu makan dan lain-lain. Tapi sari-sarinya punya banyak substansi dan juga kegunaan tersendiri.
Menambah nafsu makan hanya merupakan garis besar dari kegunaan temulawak. Namun ada yang lebih penting daripada itu, ada yang lebih kompleks dan substansial daripada itu. Kita hanya melihat sisi besar dari temulawak yakni menambah nafsu makan.
Beberapa fungsi penting dari temulawak justru kita lupakan seperti menjaga fungsi hati hingga kesehatan metabolisme. Semua itu merupakan hal yang jauh lebih substansial dari sekedar menambah nafsu makan. Melihat manfaatnya tentu kita wajib menggunakan temulawak sebagai salah satu jamu tradisional yang punya khasiat untuk tubuh kita.
Curcumanoid dan Manfaatnya
Kalau sekarang kita bicara soal curcumanoid, zat tersebut dihasilkan dari ekstrak temulawak. Fungsi dari zat tersebut adalah menjaga fungsi hati agar tetap berfungsi dengan baik dan normal. Menjaga yang dimaksud di sini adalah membuat sesuatu yang kurang maksimal menjadi lebih maksimal. Tidak berarti Curcuma ini mampu mengobati hati yang sudah rusak ataupun yang patah.
Bicara soal hati memang kita harus lebih berhati-hati lagi sekarang. Penyakit seperti kegagalan pada hati ataupun hepatitis, tidak dapat disembuhkan dengan curcuminoid. Curcuminoid hanya dapat membantu dan menyebut hati yang sehat agar bekerjanya sangat maksimal. Mengingat fungsinya yang begitu luar biasa terkadang kita malah melupakan zat ini.
Kita justru hanya fokus terhadap zat penambah nafsu makan pada temulawak. Memang sedikit ironis jika kita mengingat bahwa temulawak generalisasikan hanya sebagai penambah nafsu makan saja. Padahal fungsinya begitu luas dan juga manfaatnya begitu kaya. Biasanya zat curcumanoid, dipadukan dengan lysine ataupun mineral dan vitamin lain.
Semua itu, diperlukan untuk mengukur kinerja hati agar bisa bekerja dengan baik. Metabolisme dalam tubuh akan sangat terbantu dengan fungsi hati yang maksimal. Menjaga manusia tetap dalam kondisi hemostasis, menjadikan saat ini begitu punya manfaat besar bagi tubuh apabila kita mengonsumsinya terlebih lagi jika kita mengkonsumsinya secara rutin.
Memang banyak manfaat dari Curcuma, tapi kebanyakan dari kita hanya melihat ini cuma menambah nafsu makan. Padahal zat ini punya manfaat yang sangat luas dan juga punya khasiat yang hebat bagi tubuh kita. Semua zat tersebut sudah diambil ekstraknya dan dijadikan satu dalam Curcuma plus, jadi Anda tidak perlu kesulitan harus mengekstrak Curcuma untuk dikonsumsi.